Sabtu, 27 Juni 2015

Sejarah Perkembangan AMD dan Jenis jenis nya

“Sejarah Perkembangan Processor AMD”

Mungkin processor AMD sudah tidak asing lagi di dunia IT, berikut ini yang saya akan menjelaskan akan sejarah perkembangan Processor AMD, akan tetapi sebelum sampai pada sejarah perkembangannya saya akan menjelaskan akan apa itu processor AMD.
AMD adalah singkatan dari (Advanced Micro Devices) yang merupakan salah satu jenis processor yang dipakai hingga saat ini dan AMD sendiri didirikan Oleh Jerry sanders.
AMD merupakan sebuah perusahaan semi konduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Sunnyvale, dan memproduksi produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan computer pribadi (PC), dan juga teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat suatu sistem.
Pada sejarah perkembangannya memiliki 9 jenisnya yaitu dimulai dari;

1.AMD K5
AMD K5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yg mendukung Intel. Jadi motherboard yg mendukung Intel akan mendukung pula AMD K5. Pada waktu itu tidak semua motherboard dapat langsung mengenali AMD dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.

2.AMD K 6
Prosesor AMD K6 merupakanprosesorgenerasi ke-6 dengan peforma tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yg mendukung Intel Pentium. AMD K6 sendiri masih dibagi lagi modelnya yaitu : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III.
3.AMD Duron
AMD Duron merupakan keluarga prosesor versi murah yang dikenal pada tahun 2000, awalnya prosesor ini memiliki code nama Spitfire yg dibuat berdasarkan Core Thunderbird. AMD Duron merupakan versi AMD Athlon yg “diringkas” ia memiliki semua arsitektur yg dimiliki AMD Athlon. Kinerja AMD Duron dengan AMD Athlon hamper sama hanya beda 7%-10% lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Saat ini AMD sudah menghentikan produksi AMD Duron.
4.AMD Athlon
AMD Athlon merupakan pengganti dari mikroprosesor seri AMD K6. Prosessor ini merupakan aksi come-back AMD kepasar industry mikro-prosesor high-end dan AMD ingin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industry mikroprosesor. Prosesor ini mengungguli Intel Pentium III Katmai dan baru dapat didekati oleh Intel Pentium III Coppermine.Fitur lainya prosesor ini adalah AMD Athlon dapat dijadikan prosesor untuk system multiprosesor seperti halnya prosesor generasi keenam intel (P6). Dengan menggunakan chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, prosesor AMD mewujudkan computer yg memiliki dua prosesor AMD Athlon.

5. AMD Athlon 64 FX
Prosesor ini memiliki 2 karakter penting :
Pertama, dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan kecepatan penuh Menawarkan perlindungan virus yg disebut Ehanced Virus Protection ketika dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition. Kedua, System PC ygberbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yg antusias, penggemar olah Video-Audio (multimedia) dan para pemain Game.

6. AMD Opteron
Prosesor ini untuk menandingi prosesor Intel Xeon di pasar Workstation dan Itanium dipasar High-End. Dibanding Intel Xeon yg berbasis mikroarsitektur Intel Netburst, AMD Opteron ini dapat dibilang menang telak dilihat dari kinerja yg ditunjukkan tiap watt yg digunakan (performance/watt), tapi belum dapat menandingi efisiensi prosesor Intel Itanium.
Fitur-fitur :
1. Cahche level-1 sebesar 128 KB yg terbagi kedalam data chache 64 KB dan instruction cache 64   KB.
2. Chache level-2 sebesar 1024 KB.
3. Kecepatan dari 1400 MHz – 3000MHz.
4.Memiliki 3 buah link Hyper Transport dengan kecepatan 3200 Mbit/s.
5. Mampu mengakses memori fisik hingga 1 terabyte.
6.Tersedia dalam single-core, dual-core, quad-core.
10. AMD Phenom.

 7.AMD Sempron
Prosesor ini adalah sebuah jajaran prosesor yg diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti prosesor AMD Duron dipasar computer murah, untuk bersaing dengan prosesor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. AMD Sempron soket A
2. AMD Sempron Soket 754
Versisoket A dari AMD Sempron adalah varian dari Sempron yg dibuat berdasarkan prosesor AMD Athlon XP Thoroughbred, karena pada saat itu AMD memang telah meluncurkan prosesor untuk pasar High-End AMD Athlon 64. AMD Sempron soket 754 adalah prosesor Sempron yg dibangun diatas arsitektur AMD64 demi meningkatkan kinerja yg dimilikinya. AMD Sempron memiliki kode nama Palermo yg sama seperti AMD Sempron soket A. Tetapi beberapa seri AMD Sempron fitur 64bit tidak diaktifkan sehingga hanya dapat mengeksekusi instruksi 32 bit saja. Seperti halnya AMD Athlon 64 prosesor ini dilengkapi dengan satu buah link HyperTransport yg dapat dikoneksikan ke chipset motherboard.

8. AMDK6-2
Adalah x 86 mikroprosesor diperkenalkan oleh AMD pada 28 Mei 1998, dan tersedia dalam kecepatan mulai 266-550 MHz .Merupakan pengembangan dari K6 asli, K6-2 memperkenalkan AMD 3DNow! SIMD set instruksi, menampilkan lebih besar 64 KiB Level 1 Cache (32 instruksi KiB dan 32 KiB data), dan antarmuka upgrade sistem bus yang disebut super Socket 7 , yang adalah kompatibel dengan yang lebih tua Socket 7 motherboard .Ini diproduksi menggunakan 0,25 mikrometer proses, berlari di 2,2 volt , dan memiliki 9,3 juta transistor .

9. K6-3
K6-3 kode nama "sharptooth", adalah x86 mikroprosesor diproduksi oleh AMD , dirilis pada 22 Februari 1999, dengan 400 dan 450 model MHz.Itu yang terakhir Socket 7 prosesor desktop yang.Untuk waktu yang sangat singkat setelah dirilis, prosesor desktop yang tersedia tercepat dari Intel adalah Pentium II 450 MHz.Namun, K6-III juga berkompetisi melawan Pentium III "Katmai" line, dirilis hanya beberapa hari kemudian padat anggal 26 Februari "Katmai" CPU mencapai kecepatan 500 MHz, sedikit lebih cepat dari K6-III 450 MHz.Kinerja K6-III secara signifikan meningkat selama K6-2 karena penambahan cache L2 on-die berjalan pada kecepatan clock penuh.Ketika dilengkapi dengan cache 1MB L3 (pada motherboard) 400 dan 450 MHz K6-IIIs diklaim oleh Ars Technica  sering mengungguli yang sangat tinggi-harga Pentium III "Katmai" 450 dan 500 MHz model, masing-masing.
                                                          Nama                : Juandi Syahfutra Simatupang
                                                          Nim                   : 140121187
                                                          Mata Kuliah       : Sistem Informasi

                                                          Dosen                : Hengki Tamando M.Kom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar